Seorang Hacker Mencoba Jailbreak PS5, Sudah Berhasil Dijebol?

Konsol PlayStation 5 memang sudah jadi incaran para hacker selama hampir setahun. Dan baru-baru ini terdengar kabar bahwa mereka berhasil membobol hardware konsol yang dirilis pertama kali pada tahun 2020 dengan memanfaatkan level kernel baru yang pertama kali ditemukan di PS4.

Sebelumnya, pihak Sony selalu rutin melakukan update OS dan firmware agar hacker kesulitan menjebol sistem mereka. Sony tak mau kecolongan lagi seperti yang terjadi dengan PS4 beberapa tahun silam.

Jailbreak PS5 Sudah Berhasil Dijebol?

Lewat cuitan seorang Modder Playstation bernama SpecterDev, ia melakukan percobaan dengan menggunakan IPV6 kernel dalam membobol PS5. Jailbreak ini hanya memanfaatkan titik lemah dari sistem PlayStation 5, jadi hanya berhasil dengan konsol yang masih menggunakan firmware versi 4.03 atau dibawahnya. Performa yang dihasilkan pun hanya sekitar 30% dari total yang bisa disanggupi konsol tersebut. Jadi bisa dibilang hasil Jailbreak ini belum unplayable.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Aksi jailbreak ini kemudian dilanjutkan oleh modder lainnya bernama Lance Macdonald. lewat akun Twitter @manfightdragon, ia memamerkan hasil kerjanya dengan mengakses debug menu PlayStation 5 dan berhasil memasukkan game P.T. racikan Hideo Kojima yang harusnya tidak didesain untuk konsol ini dengan mengakali sistem game backup miliknya. Sistem konsol tersebut mmebaca bahwa game P.T. adalah file PS4 PKG yang merupakan format backup game PS4.

Jailbreak kali ini bisa read/write game di PlayStation 5. Meskipun P.T. berhasil di install di konsol ini yang sudah terbajak, game tersebut tak bisa dimainkan lantaran memang tidak pernah diperuntukkan berjalan di PlayStation 5.

Sony Siap Bawa Hacker dan Penjual PlayStation Jailbreak ke Ranah Hukum

Meskipun terbilang minim beberapa tahun terakhir, Sony sama sekali tidak mau kecolongan perkara pembajakan. Upaya Sony dalam memerangi tindakan haram ini tidak hanya lewat proteksi ekstra software dan OS mereka. Sony juga tak segan-segan membawa perkara ini ke jalur hukum sebagai bentuk peringatan atas dasar pelanggaran hak cipta.

Sony sebelumnya sudah sudah mengadili Seorang penjual PS4 ‘bajakan’ bernama Eric David Scales. Pada tahun 2018, ia kedapatan menjual konsol last gen tersebut dengan total 60 game didalamnya hasil Jailbreak dengan username “Blackcloak13” di situs jual beli eBay. Akibat Perbuatannya, Eric Davil Scales dituntut Sony dengan denda sekitar 20 ribu dollar US lebih atau sekitar Rp.230 juta.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Sedangkan untuk hacker, nampaknya Sony masih kesulitan melacak orang-orang tersebut kerena para hacker ini benar-benar menyembunyikan lokasi asli dan identitas mereka. Sony terus berusaha memerangi para hacker ini kerena sudah menjadi parasit bagi industri video game sejak lama.

Wah kalau PS5 udah bisa dibobol sedikit demi sedikit, itu artinya Sony harus meninjau ulang sistem keaman mereka untuk update selanjutnya dan memburu kedua hacker tersebut. Semangat Sony!

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *