5 Aplikasi Untuk Bayar Zakat

Selama bulan Ramadhan, umat Islam tidak hanya berpuasa, tetapi juga membayar zakat, atau sebagian dari kekayaan yang harus dikeluarkan oleh umat Islam untuk diberikan kepada kelompok yang berhak menerimanya. Biasanya, umat Islam membayar zakat saat mendekati hari raya Idul Fitri atau yang dikenal juga dengan Zakat Fitrah.

Selain zakat fitrah, ada jenis zakat lainnya seperti B. Zakat Mal (zakat harta), yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam ketika telah memenuhi nisab (batas minimal kepemilikan harta benda yang wajib dizakati). Sebelum membayar zakat, umat Islam umumnya menghitung jumlah harta yang perlu dikeluarkan. Perhitungan zakat tidak boleh sembarangan, harus dilakukan sesuai dengan aturan Islam atau Syariah. Bagi sebagian umat Islam, menghitung zakat bukanlah perkara sederhana. Apakah Anda juga kesulitan menghitung zakat? Tenang, jangan terlalu khawatir. Sekarang Anda dapat menghitung zakat hanya dari layar ponsel Anda. Ada beberapa aplikasi dan website perhitungan zakat yang bisa digunakan. Aplikasi dan website Kalkulator Zakat memiliki fungsi utama menghitung Zakat dengan operasional yang berkaitan dengan syariat Islam. Dengan menggunakan aplikasi dan website ini, Anda tidak perlu lagi bingung ketika ingin membayar zakat. Untuk lebih jelasnya, berikut KompasTekno merangkum lima aplikasi dan website penghitung zakat.

Portal media Kompas.com memiliki kanal website dengan fungsi utama kalkulator zakat. Tampilan channel website kalkulator zakat kompas.com cukup sederhana sehingga mudah digunakan. Untuk mulai menghitung Zakat, kunjungi kanal website Kompas.com berikut https://www.kompas.com/ramadhan/kalkulator-zakat melalui browser di laptop atau handphone.

Saat halaman website terbuka, isilah kolom perhitungan zakat dengan benar, mulai dari jenis zakat (penghasilan, perdagangan atau emas), gaji per bulan, penghasilan tambahan per bulan dan lain-lain. Setelah diisi dengan benar, klik opsi “Hitung Zakat” yang tercantum di bagian paling bawah Kolom Perhitungan Zakat. Selanjutnya akan muncul jumlah Zakat yang harus dibayarkan.

2. Kalkulator Zakat Bazna Bazna

Sebagai lembaga administrasi zakat pemerintah, juga memiliki saluran website dengan fitur utama kalkulator zakat. Selain itu, website Baznas juga menawarkan fasilitas pembayaran zakat secara online. Untuk mulai menghitung zakat, kunjungi kanal website Baznas berikut https://baznas.go.id/kalkulatorzakat melalui browser di laptop atau handphone. Kemudian masukkan jenis zakat (zakat pendapatan atau zakat mal) yang ingin Anda bayarkan.

Isi semua kolom yang diperlukan untuk menghitung zakat seperti: B. Pendapatan bulanan dan properti lainnya. Setelah semuanya terisi, klik opsi “Hitung Zakat” dan akan ditampilkan jumlah harta yang akan dibelanjakan.

3. Tokopedia

Aplikasi Kalkulator Zakat yang pertama adalah Tokopedia. Aplikasi marketplace ini tidak hanya memiliki fungsi jual beli online tetapi juga memiliki fungsi implementasi zakat. Anda dapat menghitung zakat dan membayar langsung melalui aplikasi Tokopedia. Fitur ini bisa kamu temukan dengan membuka aplikasi Tokopedia. Kemudian pilih menu Halal Corner dan klik opsi Zakat. Selanjutnya, pilih jenis zakat yang Anda inginkan, apakah zakat mal atau zakat fitrah. Untuk menghitung Zakat, pilih opsi Hitung Zakat dan pastikan semua kolom yang diperlukan untuk menghitung Zakat terisi.

Setelah nominal zakat yang harus dibayarkan, pengguna dapat membayar zakat secara langsung melalui aplikasi Tokopedia. Aplikasi Tokopedia dapat diunduh dari Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

4. Kita bisa

Setelah nominal zakat yang harus dibayarkan, pengguna dapat membayar zakat secara langsung melalui aplikasi Tokopedia. Aplikasi Tokopedia dapat diunduh dari Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

5. Zakatpedia

Zakatpedia adalah aplikasi kalkulator Zakat yang dikelola oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS). Perhitungan Zakatpedia terbagi menjadi beberapa jenis zakat seperti: B. Zakat Fitrah, Zakat Penghasilan, Zakat Emas dan sebagainya. Anda dapat melihat hukum dan peraturan untuk setiap jenis zakat. Untuk menghitung hutang Zakat, klik ikon kalkulator di bagian bawah layar. Selanjutnya, pilih jenis zakat yang ingin Anda bayarkan dan isi semua kolom yang diperlukan untuk membayar zakat

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *